Sabtu, 11 November 2017

IBNU SINA

RIWAYAT HIDUP

Beliau lahir dalam masa kekacauan, dimana khalifah abbasiah mengalami kemunduran, dan negri yang mula-mula dibawah leluasaan khalifah tersebuat  mulai melepaskan diri satu persatu unruk berdiri sendiri. Kota baghdad sendiri, sebagai pusat pemerintahan, dikuasai oleh banu bu-waih pada tahun 334 H dan kekuasaan mereka berlangsung terus sampai tahun 447 H.

Diantara daerah-daerah yang berdiri sendiri ialah daulah sa-mani di buchara, dan diantara khalifahnya ialah NUH bin MANSYUR Pada masanya, 340H (980m) , disuatu tempat yang bernama Afsyana dari daerah buchara IBNU SINA dilahirkan dan dibesarkan.
Dikota buchara  ia menghafal Al-qur'an dan belajar ilmu ilmu agama serta ilmu astronomi, sedang usianya baru 10 tahun. Kemudian ia mempelajari matematika, fisika, logika, dan ilmu metafisika. Sesudah itu ia mempelajari ilmu kedokteran pada isa bin yahya, seorang masehi.

Sebelum umur 16 tahun, ia sudah mahir dalam ilmu kedokteran, sampai sampai banyak orang yang datang untuk berguru padanya.ia tidak cukup dengan teori teori kedokteran, tetapi juga melakukan praktek, dan pengobatan orang sakit.ia tidak pernah bosan membaca buku buku filsafat dan setiap kali menghadapi kesulutan, maka ia langsung memohon kapada tuhan untuk diberi petunjuk, dan ternyata permohonannya itu tidak  pernah dikecewakan. Sering ia tertidur karena kepayahan membaca.

Ketika ia mencapai usian 17 tahun, NUN bin MANSYUR menderita sakit keras yang tidak dapat diobati oleh dokter dokter pada masanya, akan tetapi setelah ibnu sina mengobatinya, maka embuhlah ia.sejak itu  ibnu sina mendapat sambutan yang baik

Sejak itu pula ia mengunjungi perpustakaan yang penuh dgn buku buku yang sukar di dapat. Karena suatu hal perpustakaan tersebut terbakar, maka tuduhan orang di timpakan kepadanya, bahwa ia sengaja membakarnya agar orang lain tidak dapat mengambil manfaat dari perpustakaan tersebut.

Pada usia 22 tahun, ayahnya l dunia, kemudian ia meninggalkan  buchara menuju ke jurjan mengajar dan mengarang. Karena kekacauan politik , maka ia berpindah pindah dari suatu negri ke negri lain dan ahirnya ia sampai dihamadsan. Oleh penguasa negri ini -syam suddaulllah -  ia di angkat sebagai mentri beberapa kali, sesudah ia dapat mengobati penyakit yang di deritanya.

Selama hidupnya IBNU SINA, penuh dengan kesibukan bekerja, mengarang, penuh pula dengan kesenangan dan kesulitan. Ia meninggal dunia di hamadzan dalam usia 58 tahun

KARYA KARYANYA

1. AS-SYIFA
Buku ini adalah buku filsafat yang terpentin dan terbesar dan terdiri dari empat bagian, yaitu LOGIKA, FISIKA, MATEMATIKA,  dan  METAFISIKA (ketuhanan) buku teraebut mempunyai beberapa naskah yang tersebar di berbagai perpustakaan timur dan barat. Bagian ketuhana dan fisika pernah di cetak n cetakan batu di teheran.

Pada tahun 1956 lembaga keilmuan cekoslowakia di praha menerbitkan pasal ke 6 dari bagian fisika yang khusus mengenai ilmu jiwa, dan di terjemahkan ke dalam bahasa perancis , di bawah asuhan jean pacuch. Bagian logika di terbitkan di kairo pada tahun 1954, dengan nama Al- Burhan, di bawah asuhan Dr.Abdurrahman badawi

2. AN-NAJAT
Buku ini merupakan ringkasan buku as-syifa dan pernah di terbitkan bersama dengan buku al-qanun dalam llmu kedokteran pada tahun 1593M di roma dan pada tahun 1331 di mesir

3. AL- ISYARAT WAT-TANBIHAT
Buku ini adalah buku terahir dan paling baik dan pernah di terbitkan di leiden pada tahun 1892_ dan sebagiannyan di terjemahkan ke dalam bahasa perancis,  kemudian di terbitkan lagi di kairo pada tahun 1947 di bawah asuhan Dr.sulaiman dunia.

4. AL- HIKMAH AL-MUSRYKIYYAH
Cb ini banyak di bicarakan orang , karena menurut sebagian orang tidak jelas maksudnya, di mana naskah naskahnya masih ada memuat bagian logika dan ada pula yang mengatakan bahwa isi buku yersebut mengenai TASSAWUF , tetapi menurut carlos nallino, berisi filsafat timur sebagai imbangan filsafat barat.

5. Al-QANUN
Atau canon medicine , menurut penyebutan masyarakat barat. Buku ini pernah di terjemahkan ke dalam bahasa latin dan pernah menjadi buku standart untuk universitas eropa sampai akhir abad ke 17 masehi. Buku tersebut pernah di terbitkan di roma pada tahun 159HM dan di india pada tahun 1323H.

Risalah risalag beliau lainnya kebanyakan dalam bidang filsafat, etika, logika dan psychologi.

Di kutip dari begai sumber





0 komentar:

Posting Komentar